Hunting Kaktus Hingga Berbicara Tentang Bisnis

Hunting Kaktus Hingga Berbicara Tentang Bisnis

Hi! long time no see. Akhirnya aku akan kasih tau kalian tentang cactus&succulent yang sempat aku share di Instagram stories aku. Dari dulu emang kepingin banget punya kaktus, tapi belum kesampaian, sampai temenku ngajak ke tempat pusatnya kaktus di daerah Lembang, Bandung. Seneng banget ke kota ini, bukan karena apa, Tapi karena aku suka udara disini beda banget sama di jakarta, kulinernya juga aku suka dan murah-murah, sempat kepikiran buat tinggal di bandung, hmm … but anyway aku kemarin beli Kaktus di Rumah Bunga Rizal.

Rumah Bunga Rizal, ya aku ke tempat ini buat cari kaktus, disini banyak banget berbagai macam kaktus dari yang harga 5000 rupiah hingga bikin nguras dompet juga ada. Sampai koleksi kaktus – kaktus nya pak Rizal. Beliau juga menjual Anggrek disini, ngga hanya itu, Mang Gilang, anak beliau juga memiliki usaha jam kayu, tapi ini jam dinding.

 

Ini beberapa Foto Anggrek nya;

Merawat cactus itu lebih mudah sih dari succulent, sekarang aja succulent ku sudah ada yang mati. Ngga boleh kebanyakan atau terlalu sedikit memberikan airnya. Aku menyiram Kaktus 2 minggu sekali sedangan succulent 1 kali setiap minggunya. Kemarin aku beli sekitar 15 kaktus termasuk yang besar, San Pedro. Belum sempat potting nih, belum beli pot yang lucu-lucu. Ada yang tau ngga beli pot di jakarta yang gemes-gemes gitu? kalau ada komen ya.

Jenis cactus banyak banget, ini beberapa cactus dan succulent yang dibeli kemarin; ada San Pedro, old man, dll.

Berbicara tentang kaktus dengan Pak Rizal, Im so happy to met him! Seneng banget bisa ngobrol langsung sama Pak Rizal, beliau cerita banyaaaaak banget ngga cuma soal kaktus. Beliau juga cerita pengalamannya dulu waktu awal mula usaha kaktus, usaha kaktusnya sudah 40 tahun lebih, Ngga heran sih didepan Taman Bunga Rizal ada Kaktus lebih tinggi dari tiang listrik, kebayang ngga? Nanti aku share fotonya di bawah, ya. Kagum dengan kegigihannya sampai sekarang bisa sukses dan semoga selalu sukses ya, Pak. Kaktus itu tanaman yang mudah dirawat, sedangkan Anggrek itu sulit, tapi keduanya beliau tekuni. Sampai sekarang tetap di tekuni, membuat jaringan yang luas hingga dikirim ke luar negeri. Di depan Rumah Bunga Rizal ini juga ada tempat makan semacam Cafe yang menu utamanya Pizza namanya @kidangnyaring atau @pizzalembang , lumayan sambil nunggu macet bisa Cemal cemil dulu disini. Lokasinya gampang kok di cari, pakai waze juga ketemu. Tapi aku saranin pagi-pagi ya kesininya soalnya pulangnya macet banget pas weekend, kalau weekdays sih ngga terlalu macet.

Usaha Jam Kayu milik Anak Pak Rizal
Kidang Nyaring // Pizza Lembang

Ada satu pertanyaan yang aku tanya ke beliau , Gimana caranya untuk keluar dari pekerjaan dan berani memulai wirausaha. Beliau dulu seorang Arsitek, bekerja di Biro Konsultan, Seorang Dosen juga tapi beliau memilih untuk ber-wirausaha, pun karena hidup itu pilihan. Belajar dari awal, dihujat, ditipu, ngga dibayar, dibilang miskin, tapi time changes karena usaha ngga akan pernah mengecewakan hasil.

Pak Rizal

Jangan takut memulai usaha, karena potensi berhasil, sukses dan gagal pun kita ngga tahu, pertanyaan pentingnya bagaimana kita menyikapi kegagalan? Menyerah atau tidak, disitu lah ruh nya orang usaha. Mengapa berhenti bekerja dan memulai usaha? Ada tiga hal yang beliau tidak suka ; Pertama, berangkat pagi , pulang malam dan lembur, Deadline , Under pressure. Kedua, bertemu dengan orang yang sama, Ketiga, kesehariannya hanya melakukan pekerjaan sebatas disuruh-suruh.

Tapi emang bener sih, jadi pegawai itu waktunya habis dikantor, buat keluarga aja susah, pergi pagi pulang malam, macet, sampe rumah sudah capek, bawaannya mau tidur aja langsung, gimana mau sambil usaha ya? Ngga ada waktunya.

Semua ada dua kutub, Disuruh atau menyuruh, menerima atau memberi? sayangnya pemahaman seperti ini tidak tersampaikan kepada anak-anak. Kebanyakan Orang tua saat ini  sibuk dengan pekerjaannya masing-masing, tidak sempat berbicara tentang pilihan hidup kepada anak-anak mereka.  Jadi guys, Pilih untuk Berpenghasilan tetap atau tetap berpenghasilan? Someone told me like that and now im still being an employee.

Jadi kapan memulai untuk menjadi pelaku usaha? Tekuni, jangan berhenti di tengah jalan, membangun jaringan yang luas, jangan ikuti Jaman, Fokus. Bikin orang yang tadinya ngga suka, menjadi suka. Ciptakan pasar, melalui komunitas ataupun melalui media sosial. Hidup itu pilihan. Have a nice day!

 

Love, Aci

Please follow and like us:


10 thoughts on “Hunting Kaktus Hingga Berbicara Tentang Bisnis”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Enjoy this blog? Please spread the word :)